Home » Kabar Humas & Informasi » SARASEHAN NASIONAL: MERAWAT KEBERAGAMAN MULTI DIMENSIONAL

SARASEHAN NASIONAL: MERAWAT KEBERAGAMAN MULTI DIMENSIONAL

 

Berita Humas: Direktur Pendidikan Agama Islam Kemeterian Agama Republik Indonesia, Dr. H. Imam Syafe’i, M. Pd. Membuka acara Sarasehan Nasional Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di Auditorium UIN Mataram pada hari Sabtu 30 desember 2017.  Kegiatan direncanakan  akan berlangsung selama satu hari tersebut akan diisi oleh narasumber dari kemenag RI dan juga dari UIN Mataram.

Ketua panitia sarasehan Nasional Pendidikan Agama Islam Dr. Abdul Quddus, MA. Dalam laporanya menyapaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda spesial akhir tahun. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama FITK UIN Mataram dengan Kementerian Agama RI, yang dihajatkan dalam rangka optimalisasi peran pendidikan agama islam dalam merawat keberagaman dan memantapkan keberagaman. Menghadirkan peserta 400 orang terdiri dari Ikatan Dosen PAI Indonesia, mengudang perwakilan guru dan pengawas PAI serta dosen UIN Mataram.

Dekan FITK Dr. Hj. Lubna dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada panitia, narasumber dan peserta yang telah menyempatkan hadir dalam acara bergengsi ini.  Yang tak kalah penting juga penghargaan yang luar biasa kepada direktur PAIS dan Bapak rektor UIN mataram yang telah mendukung secara penuh sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.

Direktur PAIS mendapat giliran pertama untuk mengisi materi pada sesi pertama dengan materi arah kebijakan pengembangan pendidikan agama islam yang dipandu oleh moderator Dr. Abdul Quddus, MA., kemudian sesi kedua diisi oleh guru besar UIN Mataram yaitu  Profesor Dr. H. Mutawali. Prof. Dr.Suprapto dan Dr. Hj. Nurul Yakin, M. Pd., dengan moderator Dr. Syamsul Arifin,  sedangkan sesi ketiga diisi oleh Prof. Dr. H. Nashuddin, M. Pd., Dr. H. Masnun dan Dr. Hj. Lubna. M. Pd. Dengan moderator Dr. Ahmad Asyari, M. Pd.

Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Mutawali dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Direktur PAIS Kemenag RI yang telah mempercayakan kegiatan sarasehan nasional ini dilaksanakan di UIN Mataram.  Kegiatan ini sangatlah tepat sebagai pengobat rindu, dalam kondisi kegelisahan para tenaga pendidik dan kependidikan akhir-akhir ini sebagaimana yang dilansir oleh media, seakan-akan guru PAI khususnya yang berada di sekolah umum dan terlebih lagi guru swasta yang terkatung-katung belum terbayarkan tunjangan dan hak-hak lainnya, dengan pertimbangan kendala tekhnis administrasi dan sebagainya.

Prof. Mutawali mengungkapkan bahwa guru merupakan komponen pendidikan yang paling utama, atas dasar itu, peningkatan pendidikan selalu berawal dari peningkatan mutu guru agar menjadi tenaga profesional yang ditandai oleh keunggulan kompetensi akademik, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Untuk menjadi guru agama Islam yang profesional, selain harus memiliki kompetensi profesional tersebut juga harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Berbagai upaya untuk peningkatkan mutu guru yang demikian itu telah banyak dilakukan, seperti melalui program sertifikasi, pendidikan profesi keguruan, pelatihan, dan lain sebagainya. Namun hingga kini upaya-upaya tersebut masih sering dikeluhkan, karena dianggap belum berjalan secara efektif.

Mengahiri sambutanya, Prof. Mutawali mengaskan bahwa, kerja guru bukanlah sekedar kerja fisik, seperti petani atau tukang, melainkan kerja fisik dan non-fisik yang Optimalisais Peran Guru multi-dimensional. Seorang guru bukan hanya bertugas membina daya cipta intelektual, melainkan juga daya rasa emosional dan karsa dalam bentuk keterampilan.

Direktur PAIS dalam materinya menyampaikan bahwa peningkatan mutu guru PAI  merupakan salah satu program yang mendapatkan prioritas dari Pemerintah. Hal ini dilakukan dengan alasan, antara lain karena  peningkatan mutu guru Pendidikan Agama Islam terkait langsung dengan peningkatan mutu gurunya. Dengan kata lain, bahwa peningkatan mutu pendidikan Agama Islam, hanya akan berhasil apabila didukung oleh keberadaan gurunya yang berkualitas.

Di antara program yang dipandang strategis untuk peningkatan mutu guru PAI adalah dengan program sertifikasi. Yaitu  sebuah program yang diarahkan untuk meningkatkan profesionalisme guru pada kompetensi akademik, pedagogik, kepribadian dan sosialnya dengan berdasarkan pada penilaian autentik berupa portofolio yang didukung oleh data-data fisik yang lengkap, valid dan autentik pula.

Lebih lanjut beliau tegaskan bahwa, menurut laporan setelah dilakukan evaluasi oleh lembaga yang otoritatif, ternyata program tersebut belum memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap peningkatan mutu guru. Program tersebut baru berhasil meningkatkan kesejahteraan ekonomi para guru, seperti memperbaiki rumah tempat tinggal, memiliki kendaraan roda empat, dan menunaikan ibadah haji atau umrah. Namun program ini terus dilanjutkan, dengan cara meningkatkan metode dan pendekatan program sertifikasi tersebut. Wallohua’lam (Adita@humasuin)

 

000-017   000-080   000-089   000-104   000-105   000-106   070-461   100-101   100-105  , 100-105  , 101   101-400   102-400   1V0-601   1Y0-201   1Z0-051   1Z0-060   1Z0-061   1Z0-144   1z0-434   1Z0-803   1Z0-804   1z0-808   200-101   200-120   200-125  , 200-125  , 200-310   200-355   210-060   210-065   210-260   220-801   220-802   220-901   220-902   2V0-620   2V0-621   2V0-621D   300-070   300-075   300-101   300-115   300-135   3002   300-206   300-208   300-209   300-320   350-001   350-018   350-029   350-030   350-050   350-060   350-080   352-001   400-051   400-101   400-201   500-260   640-692   640-911   640-916   642-732   642-999   700-501   70-177   70-178   70-243   70-246   70-270   70-346   70-347   70-410   70-411   70-412   70-413   70-417   70-461   70-462   70-463   70-480   70-483   70-486   70-487   70-488   70-532   70-533   70-534   70-980   74-678   810-403   9A0-385   9L0-012   9L0-066   ADM-201   AWS-SYSOPS   C_TFIN52_66   c2010-652   c2010-657   CAP   CAS-002   CCA-500   CISM   CISSP   CRISC   EX200   EX300   HP0-S42   ICBB   ICGB   ITILFND   JK0-022   JN0-102   JN0-360   LX0-103   LX0-104   M70-101   MB2-704   MB2-707   MB5-705   MB6-703   N10-006   NS0-157   NSE4   OG0-091   OG0-093   PEGACPBA71V1   PMP   PR000041   SSCP   SY0-401   VCP550   100-105  , 70-486   c2010-657   70-178   OG0-091   70-178   JN0-360   ICBB   1z0-808   300-075   200-125  , 70-346   000-017   JN0-360   350-050   1Z0-061   220-901   700-501   640-911   101-400   220-901   350-030   ITILFND   400-201   220-801   70-488   210-065   HP0-S42   350-080   102-400   70-417   70-270   3002   640-692   1Y0-201   AWS-SYSOPS   2V0-621   000-089   200-101   70-533   70-488   CAP   210-260   300-070   102-400   70-980   70-346   102-400   300-209   SY0-401